Ad 468 X 60

Saturday, December 8, 2012

Widgets

Tips Mudah Membuat Puisi

Tips Cara Menulis Puisi
Cara Menulis Puisi tidaklah sama dengan cara menulis cerita pendek atau semisalnya . Puisi memiliki bait kata atau baris kalimat dengan makna dan kandungan yang lebih dalam . Kadang kala jika kita membaca bait puisi tidaklah semudah kita membaca cerita pendek atau sejenisnya . Memerlukan energi berfikir yang lebih untuk bisa memahami kandungan puisi secara penuh . Puisi pada masa ini lebih condong kepada bentuk prosa yang bebas . Tidak terpaku dengan pola A-B A-B atau pola empat baris empat baris tapi lebih bebas dari pada itu.


Dulu puisi hanya di jadikan ajang bersilat lidah , mempersolek dalam berbicara , memberi makna yang tersirat dalam berucap , tapi seiring dengan zaman Puisi saat inipun bisa di ibaratkan sebagai senjata . Senjata dalam bait-bait kata , penggugah semangat , motivasi, sarana dakwah , pelipur lara , tumpahan emosi atau gambaran pengembaraan hati anda atau imajinsa anda ,.. dan seterusnya . 

Secara bebas , Ada beberapa tips mudah jika kita ingin membuat bait-bait Puisi secara cepat , mudah tapi tidak kalah dengan puisi - puisi yang berbobot . Tapi intinya apa yang kita gambarkan dalam puisi tersebut telah tertumpah dari gambaran isi didalam hati dan emosi kita  , 

By the way , berikut diantaranya  :

1. Buat satu topik cerita dalam satu puisi . Jangan anda tumpahkan beberapa topik sekaligus dalam satu puisi . Karena jika anda tidak memiliki wawasan kosa kata yang luas dan memiliki kemampuan permainan kata yang halus , justru hal ini akan menjadi titik kelemahan puisi anda . Karena puisi anda akan sulit di fahami oleh si pembaca apa yang sebenarnya ingin anda ceritakan disana . Sebagai contoh , lihat puisi Taubatku ini . Topiq nya sederhana . Tumpahan rasa emosi , dakwah dan memiliki satu topiq yang diinginkan yaitu "Taubat".

2. Buat urutan rangkaian cerita dalam puisi . Sebagaimana halnya kita bercerita tentang sejarah tentunya kita akan tahu akhir cerita setelah kita tahu awal mulanya . Walaupun ini tidak baku , tapi umumnya puisi atau jenis prosa bebas mereka masih menggunakan teknik ini .

3. Setelah anda rangkai cerita tersebut , sekarang rampingkan dengan pemilihan kata yang tepat yang mewakili dari kalimat yang anda rampingkan . 

4. Sebagai tambahan tips cara anda merampingkan puisi sehingga satu baris memiliki makna yang luas atau memiliki gambaran isi hati , sebelumnya anda harus Perkaya kosa kata anda sebanyak mungkin .

4. Puisi yang baik biasanya datang dari pengembaraan hidup anda . Ketika anda sedih , gundah gulana , resah , sakit hati , senang , bahagia , terharu , perasaan rindu atau yang paling umum adalah ketika anda sedang jatuh cinta , biasanya tumpahan bait-bait kata akan keluar seolah-olah bagaikan air yang mengalir . Begitu kuat , penuh emosional yang mendalam . Oleh karenanya banyak para penyair mereka lebih senang menyendiri atau mencari tempat yang jauh dari gemuruhnya kesibukan . Itu semua mereka lakukan untuk memunculkan perasaan dan pengembaraan hatinya . 

Demikian tips cara menulis puisi dengan mudah . Semoga bermanfaat .

Karawang , 8 Des 2012 , 21.32 wibb
by Irvan Mulya










 

BAGIKAN KE   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Hak Cipta:© Copyright 2014 - Puisi Terbaik Islami
Puisi Islami Terbaik pembangun jiwa , penggugah hati . Puisi Pilihan yang bisa menjadikan Anda untuk terpacu mengamalkan kebaikan Read More →

2 comments:

  1. oh begitu ya, sebenarnya aku ingin bisa buat puisi tapi kok sulit banget ya?...

    ReplyDelete
  2. jika sulit , cari suasana yang sangat emosional banget . Tumpahkan rasa emosi anda ketika itu . Itu lebih mudah ketimbang kita harus cari ide tanpa di iringi suasana yg mendukung

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau memberikan komentar