Ad 468 X 60

Sabtu, 14 September 2024

Widgets

Alam Semesta adalah Wujud adanya Sang Pencipta Yang Maha Penyayang - Imam Ibnul Jauzy

Penampakan sang pencipta
Halo pembaca setia! Siapa yang tidak penasaran dengan Bab Penampakan Sang Pencipta dari Kitab Shaidul Khatir Juz 275/1239-1242 karya Imam Ibnul Jauzy? Maha Suci Allah, kita akan membahas hal yang seakan menjadi teka-teki dalam dunia keislaman ini. Bab ini seperti membawa kita ke dalam sebuah perjalanan spiritual yang menggugah hati dan pikiran kita.


Imam Ibnul Jauzy, dengan penuh kebijaksanaan, membahas tentang bagaimana Sang Pencipta menampakkan diri-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Sangat menarik untuk melihat perspektif yang diuraikan Imam Ibnul Jauzy dalam kitabnya ini. Bagaimana Sang Pencipta menunjukkan kebesaran dan kekuasaan-Nya kepada kita sebagai manusia yang hina dan lemah.

Jadi, mari kita eksplorasi lebih jauh Bab Penampakan Sang Pencipta ini dan berusaha memahami lebih dalam pesan yang ingin disampaikan oleh Imam Ibnul Jauzy. Siapkah Anda menyelami keagungan Sang Pencipta? Ayo kita mulai petualangan spiritual ini bersama-sama!


275. Penampakan Sang Pencipta

1239.
Mahasuci Allah yang telah menampakkan diri kepada makhluk-Nya hingga tak ada kesamaran lagi, kemudian tersembunyi hingga seakan-akan tak tampak lagi. 

Penampakan mana yang lebih jelas daripada berbagai ciptaan yang masing-masing menyatakan bahwa aku memiliki Pencipta Yang telah menciptakanku dan mengaturku dengan aturan yang penuh hikmah?! Terlebih lagi manusia Dia yang ciptakan dari setetes air mani lalu Dia bentuk dalam fithrah yang menakjubkan, kemudian Dia beri pemahaman, akal, kesadaran, dan ilmu pengetahuan.


Dia menghamparkan bumi, mengalirkan air dan angin, menumbuhkan tanaman, meninggikan langit, menyalakan matahari sebagai penerang di siang hari, menjadikan malam sebagai waktu istirahat, dan nikmat lainnya yang tidak samar lagi. Semua menyatakan dengan suara lantang yang menunjukkan siapa Pencipta mereka. Sang Pencipta telah tampak begitu jelas melalui perbuatan- perbuatan-Nya ini, sehingga tidak ada kesamaran lagi.

 


1240. Kemudian Allah mengutus para rasul keadaan mereka miskin, yang berbadan lemah, namun akhirnya melalui mereka Dia mengalahkan para penguasa yang bertindak semena-mena. Dia memperlihatkan melalui tangan para rasul itu berbagai mukjizat yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa.  
Semua ini menunjukkan kebenaran dan 
dengannya pula Dia memperlihatkan diri kepada para hamba-Nya.

 


1241. Nabi Musa mendatangi laut, kemudian laut tersebut terbelah. Maka tidak ada lagi keraguan bahwa Sang Penciptalah yang melakukan hal tersebut. Nabi Isa berbicara dengan mayit, kemudian mayit tersebut berdiri dan hidup lagi. Allah mengirim burung ababil untuk menjaga rumah-Nya hingga binasalah orang-orang yang bermaksud merobohkannya. Mukjizat seperti ini jumlahnya sangat banyak, semuanya menunjukkan keberadaan Allah secara jelas tanpa ada kesamaran sedikit pun.   

 


1242. Jika telah jelas bukti-bukti penampakan Allah tanpa keraguan sedikit pun bagi orang berakal, kemudian datang berbagai perkara yang seakan- akan menutupi penampakan-Nya yang terang tersebut, seperti penguasaan musuh-musuh-Nya atas para wali-Nya. Jika penampakan-Nya sudah dibuktikan dengan berbagai dalil yang tidak mungkin ditakwil, niscaya engkau tahu bahwa dalam perkara-perkara yang masih tersembunyi ada rahasia yang kita belum mengetahuinya , maka wajib bagi akal untuk menerima dan pasrah kepada Allah Yang Maha Bijaksana . Orang yang menerima dan pasrah akan selamat dan siapa yang menolak akan binasa .


***




Dalam pembahasan di Kitab Shaidul Khatir Juz 275/1239-1242 ini Imam Ibnul jauzy seolah ingin menerangkan dan memperlihatkan dengan jelas kekuatan dan kehebatan Sang Pencipta. Imam Ibnul Jauzy dengan penuh kekaguman menulis tentang bukti-bukti nyata akan keberadaan Allah yang tak terbantahkan.


Melalui perbuatan-Nya yang luar biasa, Sang Pencipta telah menampakkan diri-Nya dengan begitu nyata. Dari keajaiban alam hingga kebetulan-kebetulan kecil dalam kehidupan sehari-hari, semua merupakan bukti akan kebesaran-Nya.

Ketika melihat keindahan dunia ini, kita tidak bisa tidak terpesona dengan keagungan Sang Pencipta. Semua yang ada di sekeliling kita, dari bintang-bintang di langit hingga untaian DNA dalam tubuh kita, semuanya menggambarkan keajaiban dan kekuasaan-Nya.

Janganlah kita lupa untuk selalu bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan oleh Sang Pencipta. Kita adalah bagian dari ciptaan-Nya yang paling istimewa, maka sudah seharusnya kita merenungkan penampakan-Nya yang begitu jelas.

Sebagai manusia yang cerdas, mari kita kenali Sang Pencipta melalui pembelajaran dan penghayatan terhadap segala tanda-tanda kebesaran-Nya di sekitar kita. Kita tidak bisa mengelak dari kenyataan bahwa keberadaan-Nya begitu mencolok dan sungguh membuat kita tercengang.

Jadi, apakah kamu siap untuk menatap lebih dalam pada penampakan Sang Pencipta? Yuk, lihatlah keindahan dunia ini dengan mata hati yang terbuka lebar, dan rasakan sendiri kehadiran-Nya yang begitu nyata. Maha Suci Allah, ciptaan-Nya sungguh luar biasa!



Salam

BAGIKAN KE   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Hak Cipta:© Copyright 2014 - Puisi Terbaik Islami
Puisi Islami Terbaik pembangun jiwa , penggugah hati . Puisi Pilihan yang bisa menjadikan Anda untuk terpacu mengamalkan kebaikan Read More →

0 comments: